Friday, June 24, 2016

Menambah Bass dan treeble pada amplifier rakitan

Semangat pagi, menjelang tua....
Umur boleh nambah tetapi semangat kita tidak boleh kalah sama yang muda . Benar he he he ?.
Kreatifitas harus tetap jalan , kalau tidak , maka otak kita akan mati... Hiii kata orang pintar.
OK gues mari kita kemon , kita mulai saja.
Sepertinya tidak ada bosen bosennya kalau ngomongin masalah audio , atau musik pokoknya yang berhubungan dengan musik baik home audio maupun home theather.

Kali ini bhejoe ingin cerita cara sederhana bagaimana menambah suara Bass dan treeble pada amplifier rakitan kita dengan memasang kit Galaxy .


Kalau didaerah bhejoe umumnya menggunakan kit Galaxy .
Menurut bhejoe dengan memasang kit Galaxy ini, penambahan tekanan Nada Bass dan treebel sangat signifikan . 
( pemasangan swicth Galaxy pada box biasanya di Loudnes ) .
mengingat kit Galaxy ini meningkatkan hampir disemua level frekfensi ( Bass , treebel , dan suara tengah atau midle ) sekali lagi menurut bhejoe , pemasangan kit galaksi ini lebih baik sebelum Tone control .
Kemudian setelah melalui tone control kita perhalus lagi nada yang keluar dengan equalizer , atau parametrix . Apabila belum ada parametrik atau equalizer-nya bisa langsung dihubungkan ke input Power Amplifier .
mengingat Kit Galaxy ini menguatkan semua level frekfensi dari sumber audio, maka apabila sumber audio kita kurang bagus (misalnya CD yang cacat atau rekaman audio yang cacat) maka audio yang cacatpun ikut ditingkatkan . Jadi kualitas audio yang kita gunakan sebagai sumber audio adalah sangat penting . Pada posting yang lalu, bhejoe pasang galaxy setelah Tone control , dengan harapan suara yang keluar dari tone control sudah baik jadi Galaxy akan meningkatkan suara yang sudah baik tanpa cacat.
Ini adalah cara penyambungan Kit Galaxy , rangkaian penambah nada Bass dan treble menurut yang pernah bhejoe lakukan. Kalau sekiranya menurut master audio kurang tepat , mohon dikoreksi silahkan dikomentari. Ingat indahnya berbagi …
demikian , semoga menginspirasi , sehingga didapat suara yang memuaskan kita,
ingat pengetahuan tidak berarti sebelum dipraktekan.

Just Curcol, setelah mengetahui sedikit tentang DIY audio ini Kadang :
- Bhejoe jadi : Karep Gede ,Bondo Cupet -

No comments: