Wednesday, January 13, 2016

Merakit Amplifier dari Nol

Pada kali ini Bhejoe ingin berbagi cara sederhana bagaimana cara merakit sebuah amplifier yang nantinya dapat digunakan sebagai penguat suara dari sumber keluaran audio , bisa dari DVD player , Audio output dari televisi , Hand phone , laptop atau PC ( personal komputer ) sampai ke daun speaker yang lebih besar (menurut yang bhejoe pernah coba ), jadi kalau ada kekurang cocokan mohon dikoreksi , terima kasih.
Walaupun dipasaran sudah banyak kit yang saip pakai ( power suplay, tone control , dan power ampli telah menjadi sebuah kit ) , tetapi disini bhejoe coba merakit dari kit-kit yang terpisah, selain dalam rangka belajar , menurut bhejoe dengan menggunakan kit yang terpisah kita bisa belajar lebih dan bisa lebih banyak bereksperimen lagi, kalau bahasa kerennya kita bisa meng-eksplor lagi dan bisa merasakan bedanya masing masing eksperimen , misalnya dengan menambah Equalizer hasilnya bagaimana ? , bisa menambah kit driver subwoofer , menambah galaxy dan lain sebagainya. (trial by error)

Ingat Pengetahuan belum bermakna kalau belum dipraktekan” .

Mengenai merakit amplifier, mungkin saat ini bukan menjadi sesuatu yang sulit, mengingat sekarang makin banyak kit amplifier yang dijual dipasaran dan makin beragam jenis dan besarnya power amplifier , ada yang klas D ada yang kelas A , ada yang sudah menggunakan gainclone teknologi pokoknya tinggal kita pilih yang sesuai dengan budget dan kemampuat kita.

Kalau kita mengikuti perkembangan teknologi mah tidak ada habisnya,
seringkali perkembangan teknologi jauh lebih cepat daripada kenaikan gaji ,

makanya bhejoe lebih memilih untuk menjadi DIY-er sejati (kepepet).
Mari kita mulai saja kreatifitas kita kali ini pertama kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan :
  1. Tranformator / travo
  2. Rangkaian Power suplay
  3. Kit Power Ampli (untuk belajar ---> tidak harus yang ber-Watt besar)
  4. Kit Tone Control
  5. Kit speaker protektor
  6. Box + knop
  7. Kabel – kabel
  8. Solder
  9. Timah
  10. Bor tangan ( untuk melobangi Box )
apa masih ada yang kurang?.
Pertama kita petakan kira-kitra posisi Travo , posisi Power dan kit yang lain mau ditempatkan disebelah mana?. Rencanakanlah sebaik mungkin, serapih mungkin . Memang tidak ada yang menilai tetapi kalau hasilnya bagus dan rapih kita juga akan merasa lebih puas tetapi jangan sampai lemas ya.....
Sebenarnya ada pertimbangan juga mengenai penempatan travo supaya mengurangi potensi dengung.
Selanjutnya kita bor Box Ampli sesuai posisi kit yang telah kita atur.
kemudian kita sambung dengan urutan sebagai berikut :
I. Kit power suply ke travo dan siapkan pula kabel power untuk menyuplai power ke kit yang lain ( power Ampli, tone control , speaker protector, kipas pendingin dan ( port power ekstension ) (optional) .
Berikutnya sambungkan input Tone control dengan port untuk input pada Box amplifier.

Dan sambungkan output Tone control ke port untuk line out pada box Amplifier ( hal ini untuk antisipasi apabila dikemudian hari kita ingin menambahkan eQualizer atau parametrik).

II. Kalau kira-kira kita sudah yakin dengan tonecontrol yang kita pakai berarti output dari tone control langsung kita sambung ke input kit power ampli, dan selanjutnya output power ampli sebelum kita pasang ke port untuk speaker kita hubungkan dulu dengan speaker protektor , hal ini untuk menghindari kerusakan driver speaker dari arus DC yang keluar dari power Ampli . ( ingat, dari pada mengganti speaker, lebih baik kita pasang speaker protektor ).
III. Apabila kita menginginkan sebuah integrated Amplifier yang telah komplit, maka urutan mudahnya sebagai berikut : Trafo , Powersuply ,Tonecontrol, eQualizer, Galaxy , PowerAmplifier , Speaker protektor. Selesai sudah Amplifier Made in Sendiri.
IV. Bagaimana dengan membuat speaker Active ?
Itu sama saja , tinggal kita memasukan seluruh bagian amplifier kedalam bok speaker jadi lah Speaker aktive made ini dewek. Kalau anda yakin dengan kualitas rakitan kita maka , kita juga bisa melabeli sebuah speaker aktif karya kita dengan merek kita sendiri.

Sekedar info, saat ini telah banyak kit amplifier dipasaran yang tinggal sambung kabel ketrafo dan selesai....

Demikian, semoga menginspirasi.

Terima kasih.

No comments: