Wednesday, November 25, 2015

Membuat sendiri Suround Sound dari perangkat stereo (DIY kere)

Semangat pagi...
kali ini Bhejoe ingin berbagi tentang 

bagaimana membuat sendiri efek suara suround dari audio stereo,

Suara suround pasti sudah tidak asing lagi, misalnya ketika kita menonton fiilm dibioskop itu salah satu contoh kita sedang menikmati suara suround. (suara yang mengellilingi).
sekitar tahun 2002 atau 2003 (maaf kalau salah) sudah ada sistem HtiB atau home theather in Box yaitu suatu paket home theather dengagn berbagai ukuran paket selain ukuran speaker juga jumlah speaker dalam setiap paket.
Misalnya .sebuah home theater in Box 5.1 , berarti home theater tersebut memiliki 5 loadspeaker dan 1 unit subwoofer yang isi nya telah lengkap mulai speaker depan belakang dan subwoofer.
Adapun sertivikasi format suround sound yang ada saat ini ada beberapa macam diantaranya
ada , Dolby Digital ,Dolby Prologic, DTS , THX .dan masih banyak lagi format suround sound yang lain yang bhejoe belum ketahui.
Sebuah film format suaranya dibuat menggunakan format-format tertentu, oleh karena itu diperangkat home theather, kita bisa temukan banyak format suround sound . Dengan harapan dapat menghasilkan surround sound dari berbagai format film yang ada di pasaran.

Menurut Bhejoe idealnya sebuah home theather menghasilkan suara seperti ketika suara itu dibuat (Hi-Fi) high fidelity dan kita ada ditengah-tengahnya , Sehingga suara-suara yang dihasilkan oleh perangkat home theather tersebut akan menghasilkan suara yang mengelilingi kita (suround sound).

Saat ini sudah ada Bluray Disc , coba bandingkan DVD disc yang hanya mampu menyimpan data 4.7 Gb. dengan Bluray Disc yang kapasitasnya hingga 50 Gb, yang mampu menyimpan informasi suround sound yang lebih banyak . Dengan demikian kita akan mendapatkan kualitas surround yang hampir sama dengan kualitas surround master film dari studionya.
Mengingat harga pemutar bluray saat ini cukup lumayan mahal, dan masih jarang yang jual bluray disc-nya , sebagai Diy-er sejati (kere) , tentu hal ini menjadi sebuah tantangan bagaimana membuat sendiri suara keliling (suround sound) yang cukup memuaskan.
Ketika baca buku audiovidio edisi lama, bhejoe membaca sebuah format suround sound yang dibuat dengan cara mengkonfigurasikan beberapa speaker tanpa perangkat tambahan dari output audio stereo. Format suround seperti ini biasa disebut dengan Matrx suround.
Bagaimana efek suara yang dihasilkan?.
Silahkan dicoba sendiri ya...

untuk menghasilkan suara yang lebih homogen, akan lebih baik apabila mengunakan unit speaker yang sejenis atau satu merek. Jangan lupa menambah subwoofer supaya lebih mantap.


Demikian semoga menginspirasi.
Terima kasih




(source: berbagai sumber, gambar edit dari majalah lama & google image www.amsky.com)


No comments: