Wednesday, September 9, 2015

Big data maintenance

Sebelum bicara Big data , Bhejoe akan mencoba mereview kebelakang , tepatnya beberapa tahun yang lalu. Beberapa tahun yang lalu, ketika Flash disc mulai dikenalkan, dan dengan cepat menggantikan posisi disket , waktu itu, Flash disk dengan kapasitas 1 Gb sudah besar sekali kedengarannya. Bagaimana tidak dalam 1 GB Flash disk kita bisa menyimpan ratusan file- pekerjaan kita , dan ratusan Lagu kesayangan kita.

Dengan perkembangan yang sangat cepat dalam bidang storage atau penyimpanan data , Flash disk dengan kapasitas 32 GB sekarang jadi terasa tidak begitu besar, karena file yang kita simpan juga tambah besar , misalnya Video klip dari penyanyi atau lagu kesayangan kita, bahkan ripping dari Film kesayangan kita. Untuk file film , kalau Bhejoe lebih suka mengoleksi trailer dari film yang seru dan dijadikan satu dalam satu file film video. Coba sekarang lihat berapa besar data anda dalam laptop...?


menurut bhejoe tidak selalu tentang besar kecilnya sebuah kapasitas flash disc yang penting adalah manfaatnya ,misalnya kita ada side job menggambar sebuah mould dan clien minta di cetak dalam ukuran yang besar, tentunya kita perlu Flash disk mentransfer data kita ketika akan kita print ke percetakan . jadi dalam kita membeli sebuah tempat penyimpanan data , baik itu Flash disk atau Hard disk, usahakan sesuai kebutuhan kita saat ini dan pertimbangkan pula untuk penyimpanan data yang begitu cepat perkembangannya.
untuk anak sekolah SMP sekarang, banyak tugas sekolah yang menuntut menggunakan komputer /internet .sehingga bagi yang tidak memiliki koneksi internet dirumah atau laptop/komputer harus ke warnet , disini perlunya media penyimpanan portable seperti flash disk .
Untuk anak sekolah SD / SMP Flash disk dengan kapasitas 8GB atau 16 GB menurut bhejoe sudah cukup. Cukup untuk menyimpan atau membeck up file BSE ( Buku sekolah elektronik ) dan menyimpan tugas-tugas sekolah.

Kembali ke Big data , kalau menurut bhejoe Big data kalau dilihat dari arti katanya adalah data yang besar. Data yang besar memerlukan penanganan yang besar pula, seperti tempat penyimpanan yang besar dan tingkat keamanan yang tinggi atau paling tidak tingkat keamanan yang lebih baik .

Big data adalah istilah umum untuk segala kumpulan himpunan data dalam jumlah sangat besar, kompleks dan tidak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani kalau hanya memakai kakas manajemen basis data biasa .
Tantangannya meliputi pemerolehan, akurasi, penyimpanan, penelusuran, pembagian, pemindahan, analisis, dan pemvisualan data. Tren kian membesarnya himpunan data terjadi karena adanya tambahan informasi yang dapat dihasilkan dari analisis atas sehimpun data besar yang mengandung data-data saling terkait, demikian menurut wikipedia.org.

Menurut sumber yang lain, https://openbigdata.wordpress.com/ Big Data adalah sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat.
Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif jauh lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibanding teknologi data sebelumnya,
Ciri-ciri data yang ditangani oleh Big Data: Jumlah nya sangat besar (Volume). Pertumbuhan data sangat cepat (Velocity) , & Bentuk atau format datanya beraneka ragam (Variety).
Manfaat yang bisa diberikan dari Big Data antara lain bisa memberikan gambaran yang lebih lengkap dari sebelumnya karena biasanya data yang dianalisis adalah data terstruktur misalnya data relasional database.

Demikian,
terima kasih

No comments: