Friday, August 21, 2015

Membuat sendiri Bok subwoofer

 
Hai Pengunjung setia Bhejoe , Kabar baik khan?
Maaf lama tidak posting, aktifitas offline cukup padat dan menyita waktu.
Kita telah mencoba menambah subwoofer pada Ampli 2.0, memilih subwoofer yang cocok sudah, kali ini bhejoe ingin berbagi mengenai langkah membuat Bok subwoofer baik untuk mobil atau untuk di rumah , sebagai Diy-er sejati, tentunya kita akan mengerjakan sendiri ,bagaimana menarik bukan ?.
Langsung saja, kita mulai dari,
langkah pertama yaitu : menentukan besarnya Driver Subwoofer yang akan kita gunakan., karena semakin besar besar driver Subwoofer akan semakin bagus nada rendah yang dihasilkan, tentu bila dibandingkan dengan specifikasi deriver dan power amp Subwoofer yang sama..
kedua : tentukan model bok subwoofer yang akan kita buat.
Ketiga : tentukan bahan yang akan kita gunakan,
Papan MDF ,Inilah bahan utama yang dibutuhkan untuk pengerjaan box subwwofer, karena MDF menurut seorang installer Car Audio Specialist , dapat menghasilkan suara yang bagus dibandingkan bahan baku yang lain.

Ke empat kita : buat sketsa model subwoofer idaman kita pada papan MDF . Dan kemudian kita potong papan MDF yang telah digambar tadi dengan alat potong .Gergaji listrik/ non listrik, dengan gergaji listrik atau biasa disebut gergaji sairkel akan mempercepat dan memudahkan kita dalam memotong bahan. Namun penggunaan alat potong ini harus hati-hati karena salah jalur bisa melukai bagian tubuh kita.
Selanjutnya kita gunakan gerinda untuk menghaluskan bagian tepi MDF, atau bisa juga menggunakan amplas.
Setelah semua dipotong tinggal selanjutnya kita bentuk bok Subwoofer idaman , dengan menyambungkan setiap bagian kayu dengan lem kayu dan diperkuat menggunakan paku supaya menjadi box yang sederhana, karena untuk merangkai setiap bahan kayu tersebut diperlukan penyambung yang kuat.
Pada sambungan kayu bagian dalam sebaiknya dikasih lem kayu supaya kerapatan antar sambungan lebih meyakinkan.
Setelah semuanya tersambung dengan rapi dan kuat. Selanjutnya kita lakuan finishing touch he he he .
Pada tahapan ini berperan sangat besar pada apperient atau pada tampilan subwoofer yang kita buat.

Semakin finishingnya bagus maka subwoofer kita terlihat semakin berkelas.
Selamat berkreasi & semoga menginspirasi

terima kasih


No comments: