Wednesday, June 17, 2015

Mengapa subwoofer aktif mati?

Mengapa subwoofer aktif mati?
Ketika itu saya sedang menonton film …. Mendadak ada telpon, kemudian saya matikan seluruh perangkat bioskop ruumah, untuk melayani panggilan telepon, dan ketika selesai telepon , ternyata pass dihidupkan kembali subwoofernya tidak bersuara alias mati. begitu kira-kira curhat seorang teman.
Apakah anda pernah mengalami hal seperti ini?.
Jangan panik. Sepengetahuan bhejoe, sebagian besar subwoofer pabrikan ( yang dibuat oleh pabrik ) biasanya dipanel belakang dilengkapi fuse pengaman. Kemungkinan besar fuse tersebut putus akibat adanya pulsa transien sewaktu kita menghidupkan kembali powernya ketika anda selesai telephon.
Seperti kita ketahui, pada perangkat elektonik khususnya audio sering kali terjadi arus ggl yang besar ketika perangkat tersebut dihidupkan kembali dari jeda mati yang singkat.
Hal ini karena pada kapasitor catu daya masih tersimpan energy listrik yang cukup banyak ketika dihidupkan kembali ,
Sehingga timbul ggl ( gaya gerak listrik ) yang menyebabkan fuse putus.
Untuk meperbaikinya anda hanya perlu mengganti fuse yang putus tersebut dengan fuse yang baru dengan nilai yang sama.
Apabila fuse telah diganti tetapi subwoofer masih saja mati, berarti kerusakan ada pada power-amp Subwoofer.
Kalau sekiranya anda tidak yakin bisa memperbaiki sendiri subwoofer tersebut , bhejoe sarankan langsung dibawa ke montir yang lebih ahli /expert. Tetapi apabila anda ingin mencoba memperbaiki sendiri Segeralah bongkar subwoofer tersebut, minimal bongkar dulu…. He he he he.

Dan selanjutnya ikuti kaidah menservice sendiri Subwoofer . ( masih ingat kan..? )
Dari kejadian ini apabila kita hendak mematikan suara system audio kita lebih baik kita tekan tombol Mute , atau dengan mengecilkan volumenya terlebih dahulu, hal ini akan memberikan keamanan perangkat dari pengaruh arus GGL .

Demikian, semoga menginspirasi

Terima kasih

Bhejoe


No comments: