Monday, June 8, 2015

Film strip Buka Usaha ( sederhana )


Selamat siang ,
kali ini bhejoe ingin bercerita mengenai membuka usaha mandiri yang nyata ( off line ) . cerita ini dikupas langkah demi langkah secara singkat dan gamblang menggunakan gaya bahasa bhejoe yang bisanya begini.
Mengapa bhejoe share cerita ini?.

Pertama sebagai publiser google adsense yang masih baru , tentu tidak bisa menggantungkan dan mengharapkan penghasilan dari On-line.


apa lagi hanya bermodalkan blog asal-asalan kaya gini.
Yang kedua, di tempat bhejoe saat ini menjelang musim kemarau. Yang panasnya cukup membuat kehausan stadium lanjut. Kalau diibaratkan sambal pedas ibaratnya setara dengan pedas level 15 he he he.

Yang ke tiga, mau nyangkul sawah, sudah tidak punya sawah.
Yang ke empat, lebih baik kita mulai saja cerita ini,
Dalam membuka usaha tentu kita harus melakukan research atau penelitian.
Entah disadari atau tidak research ini sangat penting , contoh : sebelum kita memilih google adsense tentu kita telah melihat-lihat potensi dan kemungkinan yang lain.
Dalam research juga ditentukan mau seperti apa , mau dimana kita mau menggunakan apa kita memajang dagangan kita, kalau tidak salah ini yang disebut 4 P. product , price , distribution / Placement & promotion.
Disini bhejoe ambil contoh membuka usaha Minuman segar.
Saat ini banyak sekali penjaja minuman segar, untuk bisa bersaing kita perlu menambahkan sentuhan kreatif pada produk yang kita jual.

Selanjutnya dari kita tentukan merek dari produk kita. Disini bhejoe tidak menceritakan pentingnya merek sebuah produk atau brand .
Kemudian kita tentukan desain kemasan dan tampilan atau appearance kemasan produk.
Setelah desain kita tentukan , yang selanjutnya kita datang ke tempat digital printing untuk mencetak desan produk kita.
Kemudian kita tempel pada gerobak / rombong untuk kita jualan.
Selesai sudah kita membuka sebuah usaha minuman sederhana.
Mudah bukan?.
( mau cerita jual minuman aja sepertinya repot banget ya... ini karena bhejoe belum biasa menulis he he he ) . ada yang komentar “ kirain buka usaha apa ? Ternyata cuma jualan minuman ….)

dalam berusaha / berbisnis terkadang memulainya yang sangat berat, akan tetapi akan mudah ketika kita sudah terbiasa menjalankannya.

Jangan lihat kecilnya uang yang kita dapat. Karena kata safir senduk “ setiap uang besar berasal dari uang kecil “.

satu outlet profit Rp.100.000,-per hari , kalau kita punya out let 10 buah out let berarti kita punya penghasilan tambahan Rp.1.000.000,- per hari.

Demikian semoga menginspirasi.

Terima kasih



No comments: