Tuesday, May 19, 2015

Menambah subwoofer aktif pada Ampli 2.0

Bagaimana kabar subwoofer yang anda buat sendiri, apakah sudah cukup memuaskan ?
Atau masih kurang ?
Kemarin bhejoe melihat blog Bhejoe, ternyata ada sebagian pengunjung yang mencari bagaimana cara menambah subwoofer .
Sebenarnya posting kali ini cukup dipost melalui komentar untuk jawaban , kalau ada pertanyaan. Berhubung tidak ada pertanyaan mengenai hal ini, maka bhejoe posting .

Kali ini bhejoe posting kembali mengenai menambah subwoofer aktif pada Ampifier kita yang 2.0. alias belum ada subwoofer-nya.

Apa bedanya dengan posting sebelumnya ? Menambah subwoofer pada amplifier 2.0 diy .
perbedaannya adalah , kalau pada posting sebelumnya kita membuat / menambahkan sendiri kit subwoofer / rangkaian LPF ( low pass filter ) kedalam DIY amplifier kita, saat ini adalah menambah subwoofer aktif pada amplifier 2.0 .
Caranya cukup mudah kita cukup dengan menambahkan Y RCA conektor pada port audio out put pada pre amplifier , kemudian kita hubungkan input subwoofer aktif. Dan input power amplifier .
Apabila amplifier anda merupakan amplifier pabrikan, biasanya sudah ada port untuk audio out kita juga bisa memasang input subwoofer aktif kita melalui port ini.

Dan acara menambah subwoofer aktif telah selesai. Mudah bukan?

Demikian, semoga menginspirasi

terima kasih.

8 comments:

Arif Mustofa said...

Numpang nanya gan,saya ada kit stereo dms 6000 kalo mau nambah subwoofer aktif perlu apa aja ya gan

Anonymous said...

terima kasih Bung #Arif Mustofa
Karena yang akan ditambahkan adalah Subwoofer Aktiv , menurut bhejoe tidak perlu menambah alat, kita hanya perlu membuat jalur output audio untuk input ke Subwoofer aktif kita.
Dan itu menurut bhejoe bisa diambil dari jalur keluaran dari Memori/MP3 Player yang ke Power ampli.
Bisa juga diambil dari jalur masukan Aux ( untuk sumber audio yang berbeda.)
jadi bisa dipasang setelah Audio out dari MP3 Player dan dari jalur masukan Aux in.
bisa dibuatkan jalur in utuk subwoofer aktif dari MP3 playernya dan setelah jalur Aux in.
atau dibuat 2 jalur input untuk subwoofer aktif kita.
intinya sama dengan yang bhejoe posting , hanya saja pemempatan Input-nya yang berbeda.
Silahkan dicoba dengan hati-hati, yang penting jangan mengoprek penguat akhir, jadi apabila ada kekeliruan paling akan timbul dengung , tidak sampai terbakar.
Semoga menginspirasi.
Terima kasih

Hadi Susilo said...

Gan kebetulan saya dirumah ada ampli rakitan stereo dan tone control , nah saya penasaran maw pasang subwoofer aktif , di colokin kabel dari ampli ke subwoofer lewat mana ya , soalnya di power ampli saya dibelakangnya cuman ada 2 chanel speaker kiri kanan..

Trima kasih mas utk jawabanya...

Anonymous said...

Terima kasih atas kunjungannya Pak Hadi Susilo ,
Karena yang akan ditambahkan Subwoofer aktif, maka bisa diambilkan dari output sumber audio kita dengan menggunakan kabel Y conektor,
terima kasih

Parmenasgaol Lumban Gaol said...

Gan Maw tanya..saya baru beli kit dms 6000...tp kabel yg untuk mic nya blm terpasang...saya harus ambil dr mana yah..terimakasih

Anonymous said...

terima kasih Bung Parmenasgaol,
mohon maaf , Bhejoe kurang paham tentang kit ini,
tetapi biasanya dekat dengan pre-amp Microphone atau bagian tone control mixing-nya.
terima kasih.

aldino said...

gan ane kan baru beli amplifier murahan , buat ngangkat speaker 2 biji bekas hometheater ane dan berfungsi dengan baik ..

nah selanjutnya ane kan ada Speaker simbadda yg udah ada subwoofer terpisahnya , nah ane mau subwoofernya dipasang di ampli baru ane , jadi itu harus gimana ya gan ??

apakah harus ada yg dirubah lagi dari ampli nya atau tinggal colok2 aja ?

amplifier ane ada colokan rca in ama out dan aux juga ada ...

dan subwoofer ane ada colokan aux ,mic dan rca speaker out 1 biji...

need saran mastah...

Anonymous said...

Terima kasih Bung Aldino ,
menurut bhejoe bisa Bung Aldino,
cara praktisnya dengan konektor Y RCA .
dari sumber audio ke konektor Y RCA , out put yang satu ke RCA audio In pada Amplifier dan out put Y RCA yang satu ke Aux in-nya Subwoofer Simbada.
semoga membantu.
terima kasih