Tuesday, March 24, 2015

Skema sistem tata suara di dalam kendaraan.

Hanya ingin memposting susunan atau skema sistem tata suara audio & Video di dalam kendaraan.
Perangkat audio video standar bawaan kendaraan, kadang masih perlu ditambah dengan perangkat televisi untuk kendaraannya.
Penambahan televisi pada kendaraan selain bisa sebagai media hiburan dan informasi visual, juga bisa menambah gengsi . Karenanya, kendaraan saat ini tidak saja dapat sebagai alat transportasi namun bisa pula dikatakan rumah kedua anda.
Bagi pecinta music yang ber SPL tinggi biasanya kurang puas dengan perangkat satandar audio& video bawaan.
Anda ingin meng upgrade tata suara audio mobil anda?
Bagaimana kalau kita kerjakan sendiri? Pasti lebih asik dan lebih berasa puasnya.
Biasanya Para penggila audio mobil telah sepakat untuk mempersenjatai kabin kendaraanya dengan perangkat yang sesuai dengan selera meraka. Terutama untuk memuaskan hasrat audionya.
secara garis besar entertainment di dalam kendaraan dapat dihadirkan dari perangkat sebagai Berikut:

  • Head unit
  • power Amplifier &
  • unit speaker
  • denga ketiga perangkat tersebut sebenarnya sudah dapat dikatakan memadai, sedangkan untuk melengkapi menjadi sebuah bioskop di dalam kendaraan diperlukan :
  • Monitor/ televisi dan sebagai pelengkap dapat pula ditambahkan CD changer, receiver eQualizer serta Subwoofer.
Biasanya parameter yang digunakan untuk menilai sebuah keluaran audio didasarkan pada karakte musing yang ada , yaitu : Soud Quality ( SQ ) yang biasanya mengandalkan kehalusan serta kualitas audio dan Sound Pressure Level ( SPL ), yakni keluaran yang mengutamakan kedinamisan dan Power suara.
Selain itu pola penempatan dan perangkat juga memegang peranan penting dalam hal keluaran suara.
Artinya penempatan dan spesifikasi alat pendengar musik keras, berbeda dengan pengemudi yang mencintai musik pop , eazy listening yang mendayu dayu atau bahkan campursari dan campursari koplo.terutama masalah letak speaker setelan SQL dan SPL-nya.

Sebagus apapun ke-akustik-an sebuah kendaraan, pada dasarnya mobil bukanlah sebuah tempat terbaik untuk menikmati musik hal ini karena sebagian besar penempatan speaker pada posisi yang terlalu rendah. Sehingga ada bagian-bagian suara yang hilang.


Demikian

terima kasih

No comments: