Tuesday, February 10, 2015

Photo Asli atau palsu ?

Semangat pagi....
kali ini bhejoe ingin berbagi tips bagaimana kita mengetahui sebuah Photo diambil dari jenis kamera apa , atau menggunakan perangkat apa gambar diambil.
Untuk penggunaan lebih lanjut mengenai hal ini (mengetahui informasi sebuah photo ) dapat juga untuk menganalisa sebuah photo itu asli atau palsu atau hasil pengeditan.
Seperti kita ketahui , sering beredah photo seorang artis A dengan artis B sedang melakukan aktifitas apa ? . atau yang sedang hangat saat ini yaitu beredarnya photo ketua KPK Abraham samad dengan seorang wanita. Nah dengan menetahui informasi mengenai photo tersebut akan menjadi awal kita untuk mengetahui sebuah photo itu asli atau merupahan hasil rekayasa atau telah diedit.



Sehubungan dengan pengetahuan bhejoe yang terbatas kali ini bhejoe hanya ingin menceritakan bahwa dengan sebuah software penampil gambar kadang bisa memberikan informasi mengenai gambar / photo tersebut , misalnya ukuran aslinya berapa kilobyte , resolusinya berapa dan diambil menggunakan kamera apa ?.

Sebenarnya kalau kita menggunakan windows secara otomatis kita akan diberi informasi mengenai Photo atau gambar tersebut ketika kursor kita arahkan ke file gambar tersebut ketika kita sedang membuka explorer.
Kebetulan bhejoe menggunakan Xnview for windows. Pertama kita buka file photo tersebut,
kemudian klik kanan pada photo tersebut pilih Properties,
kemudian pilih tab EXIF, dan terlihat mengenai detail informasi tentang gambar / photo tersebut.

Sedangkan untuk mengetahui sebuah photo itu asli atau hasil pengeditan , bisa juga hanya dengan memperbesar tampilan photo tersebut (Zoom) sampai pembesaran berapa persen nanti akan kelihatan apa gambar tersebut masih asli atau telah diedit.
Biasanya perbedaan resolusi akan terlihat pada saan photo atau gambar di perbesar tampilannya ( di zoom ).

Demikian sedikit informasi yang mungkin tidak baru bagi anda, semoga menginspirasi.
Bhejoe juga menggunakan Irvan view untuk membuka file gambar / photo.
Karena selain ringan juga cukup powerfull dan usefull pokoknya i love you full .

Terima kasih

Salam


Bhejoe

No comments: