Tuesday, January 13, 2015

Home theather & Audio PC Sederhana

Kali ini Bhejoe ingin berbagi mengenai memanfaatkan komputer / PC sebagai PC Muti media ( khususnya audio , karena bhejoe lebih suka berlama-lama denger musik dari pada menonton film ). akan tetapi hanya dengan mengganti layar monitor dengan yang lebih besar kita sudah mendapatkan sistem home teather dari sebuah PC. Jadi dech PC Home theather , bagaimana ? Kedengarannya lebih keren kan ?.
yang bhejoe pernah dengar , kalau kualitas audio yang dikeluarkan PC lebih bagus dari pada kualitas audio yang dikeluarkan oleh perangkat audio standar.
Hal ini karena PC mempunyai bit yang lebih besar, kalau tidak salah sekitar 16 bit dan perangkat audio standar sekitar 8 bit. (mohon dikoreksi kalau tidak tepat).

Spesifikasi PC yang diperlukan :

Spesifikasi PC tidak perlu yang paling bagus , yang penting telah ada Sound card on board nya.
Mengingat hobi DIY Audio-video syarat dengan biaya, bhejoe mengambil contohnya yang minimum saja, sesuai kemampuan kantong bhejoe .
Yaitu menggunakan souncard onboard yang sudah suport tata suara 5.1 .

( Sebenarnya kalau kita beli spekaker 5.1 atau 7.1 satelit tetapi menggunakan soundcard abal2 macam onboard mobo, jelas ke-5 ato ke-7 satelitnya takkan berbunyi dengan maksimal ). Dibutuhkan soundcard yg mendukung konfigurasi 5.1 ato 7.1 untuk hal itu.

Sementara tidak apa menggunakan yang sound card ondboard .

untuk software kita gunakan pemutar audio-video yang ada sudah cukup.
Misalnya Windows Media player atau WinAmp.

Total Video Player secara umum merupakan software media player yang bisa memutar baik file video maupun audio dengan baik. Tetapi cukup ringan mengingat spesifikasi PC yang terbatas. Interface-nya sangat simple sehingga mudah digunakan.
Real Player adalah software media player yang bisa dimanfaatkan untuk memutar berbagai format populer seperti Avi, flv, mpeg, mp4, dan banyak lagi. dan bahkan bisa digunakan untuk burning film-film ke dalam CD atau DVD.
selain terkenal sebagai pemutar video yang cukup bagus, Real Player juga baik jika digunakan untuk memutar audio. Suara yang dihasilkan cukup jernih dan pasti membuat kamu betah mendengarkan musik ber jam-jam.
Selain itu juga ada VLC Player , dan masih banyak lagi software media player yang lain.

Selanjutnya untuk setting audio kita ikuti buku manual dari motherboarnya supaya kita mendapatkan efek yang fantastis dari sound card on board.
Kemudian kita coba efeck suara yang ditimbulkan , sampai pada akhirnya kita pilih efek suara yang paling kuping-abel atau enak didengar.
demikian yang bhejoe bisa , masih ingat kan ? 

demikian semoga menginspirasi.
Terima kasih


No comments: