Friday, November 21, 2014

Menambah Subwoofer pada Amplifier 2.0 (Diy)

Anda masih mempunyai Power amplifier 2.0 atau belum ada penambah suara rendah atau sub woofernya , yang tidak terpakai? ,
Jangan di jual dulu ya.... kali ini bhejoe ingin berbagi mengenai bagaimana cara membuat amplifier 2.0 menjadi amplifier 2.1 . ( menambah sub woofer ) . 

dengan menambah sub woofer maka apabila kita ingin mendengarkan musik dengan gebug-gan bass yang lebih nendang, maka kita tidak perlu memutar Volume sampai maksimal, karena dengan adanya subwoofer yang aktif kita tinggal memainkan volume sub woofer sesuai dengan keinginan kita .



Bagi yang banyak duit, mungkin akan langsung beli amplifier yang 2.1 atau bahkan langsung yang home theather 5.1 . Sebagai Bass Lover yang 100% Diy kepepet. maka akan memutar pikiran bagaimana kita bisa mendapatkan suara emas dengan modal membuat amplifier 2.0 menjadi amplifier dengan sistem keluaran yang 2.1 . 

okay guest..., langsung saja kita menuju ke TKP.
Alat dan bahan yang diperlukan :
  1. Modul kit aktif sub woofer.

  2. Dan power amplifier mono yang berdaya lebih besar dari amplifier 2.0.
  3. Trafo dan atau capasitor bank ( optional ).
  4. Konektor out put untuk speaker .
  5. Driver Speaker Subwoofer.
Langkah pengerjaan :
  1. kita bongkar amplifier 2.0 kemudian kita cari kabel output pre amp yang menuju power amplifier atau penguat akhir kemudian Potong,
  2. Sambungkan out put Pre amplifier yang telah dipotong , ke input dari kit aktif sub woofer dengan kabel yang kualitasnya baik.
  3. Sambungkan Keluaran Kit aktif Sub woofer ke input dari power amplifier / atau penguat akhir dari amplifer .
  4. Sambungkan power amplifier mono ke output kit Aktif Subwoofer.
  5. Sambungkan output Kit Aktif subwoofer ke konektor output untuk speaker subwoofer.
  6. Selanjutnya pasang semua speaker,
  7. Dan selesai sudah membuat amplifier 2.0 menjadi apmplifier 2.1 .

Pemilihan Kit aktif subwoofer juga mempengaruhi kualitas output nada rendah yang dihasilkan. Dikesempatan yang lain insyaalloh bhejoe share memilih atau beberapa tips memilih rangkaian Low Pass Filter .
demikian , semoga menginspirasi, kita untuk selalu kreatif.
Terima kasih

85 comments:

Jefry Purwa said...

Saya punya amplifier 1000 watt stereo, gemana caranya kalo mau dirombak menjadi amplifier khusus untuk subwofer aja bos...makasih jawabanya.

maswanto said...

1. cara yang praktisnya sebenarnya tinggal memasang cross over pasiff untuk Subwoofer .Kalau Amplifiernya memungkinkan utuk di gabung/brige supaya outputnya menjadi 1000w mono.
tetapi kalau tidak memungkinkan mending dibuat untuk 2 Subwoofer.
2. Apabila amplinya merupakan modul yang terpisah antara power ampli dan tone control, maka kita tinggal tambahkan kit subwoofer yang sebelum power amplinya. terima kasih

Percetakan Pastmitra said...

Saya punya mini amplifier 2.0, kalo ingin merubah menjadi 5.1 gimana caranya Gan..? Makasih..

maswanto said...

Untuk membuat amplifier 2.0 menjadi 5.1 , kita perlu rangkaian prosessor Prologic , yang mempunyai 5.1 out put. (2-Front, 2-suround, Center dan Sub woofer).
kemudian Amplifier 2.0 yang ada tinggal dipasang pada out-nya.terserah mau dipasang sebagai speaker depan atau speaker belakang (suround).
terima kasih

Singgih Nurwantoro said...

Gan, saya punya 1 ampli stereo, 1 tone control, dan 1 ampli mono. Dengan menambahkan aktif sibwoofer seperti itu berarti bisa menjadi sound 2.1?
Tetapi saya masih bingubg cara merakitnya. Tolong gan.
Terima kasih.

Anonymous said...

Bisa Gan, ( Ampli stereo dan Ampli mono saya anggap Power Ampli ya..
Kalau menggunakan kit spt gambar tinggal , menghubungkan Output Tone Control ke Kit tersebut, kemudian output yang ada di Kit Subwoofer dihubungkan ke input Power Ampli yang Mono untuk subwoofer,
demikian
terima kasih

Bhejoe

alfi juniadi said...

kang punya ane kok malah dengung yah .... tolong solusinya kang....

Anonymous said...

@Alfi Juniadi , maaf dengungnya itu setelah ditambah subwoofer atau bgmn? yang dengung di speaker Sub nya saja atau dari seluruh speaker ? seperti kita ketahui dengung itu bisa beragam penyebabnya , apakah groundingnya dan perkabelannya sudah bagus?.
beberapa waktu belakangan Bhejoe jarang OL , untuk masalah Rakit amplifier bisa belajar bersama dengan para master di grup FB : komunitas audio power amplifier, DIY electro(lab belajar&berbagi) , power amplifier rakitan. di group itu banyak yang mau membantu kita yang masih belajar juga. terima kasih.

bhejoe

Rinto dangga said...

mas saya punya power ampli mono 100 wat,power ampli 150 wat stero dan tone kontrol stereo..
gmna cra gabungnya mas..??
minta solusinya mas...

Anonymous said...

Terima kasih #Rio dangga atas kunjungannya,
cara menggabungkannya dengan menambah kit subwoofer agar suara yang dikeluarkan lebih dalam nada rendahnya-nya, dipasaran sekarang cukup banyak . dan ada beberapa cara penyambungannya, bhejoe ambil contoh salah satu:
out put dari tone control stereo dikoneksikan ke input pada Kit Subwoofer,kemudian out put dari kit sub woofer ke power ampli Mono yang untuk subwoofer , biasanya pada kit subwoofer ada output stereo itu untuk disambungkan ke power stereo kita, tp bisa juga kita baypass jadi untuk power yang stereo tidak melalui kit subwoofer. pada kit yang lain ada juga yang yang tanpa output stereo.
tapi bila ingin mencoba tidak apa, supaya tahu perbedaannya.
terima kasih.
Bhejoe

Eky Kurniawan said...

Postingan bermanfaat nih buat ane yg buta akan modif perngkat ampli. Ane juga punya mini ampli 2.0 gan pngn pake subwofer juga. Kasih gambar sama cara ngonek perkabelan nya dong gan. Thxs b4

Anonymous said...

Terima kasih Bung #Eky Kurniawan atas kunjungannya.
Kalau mau meng-oprek Amplifier 2.0 yang ada bisa saja , yaitu dengan mencari jalur output dari bagian penguat awal atau sebelum penguat akhir. (biasanya Amplifier 2.0 pabrikan yang tidak memiliki jalur in-put untuk subwoofer, lebih kompleks / lebih rumit untuk mencari output penguat awal/sebelum penguat akhir minimal kita paham sedikit mengenai fungsi komponen pada rangkaian atau kit amplifier tersebut).
Karena Bhejoe hanya tau sedikit , menurut hemat bhejoe cara lebih praktisnya adalah seperti yang bhejoe posting sebelumnya http://bhejoe.blogspot.co.id/2015/05/menambah-subwoofer-aktif-pada-ampli-20.html
yaitu dengan memasang konektor Y pada output sumber audio kita kemudia menghubungkan ke Amplifier 2.0 .dan input Subwoofer kita.
tentu hal tersebut masih ada kekurangannya , namun menurut bhejoe dengan cara ini sudah bisa mengakomodir keinginan kita untuk mencicipi dentuman Bass dari Subwoofer .
Demikian ,
Terima kasih

Rasta Fara said...

Gan sy ad kit speakr aktf stereo udh ad subwoofer juga .. Pke travo 5A merk big elco 10000uf 80v(2) dan diode brigde. Tr final sanken 2 pasang.. Tp kok suara treble dan bass terasa kurang ya .. Apakh ad yg kurang dayanya.

Rasta Fara said...

Gan sy ad kit speakr aktf stereo udh ad subwoofer juga .. Pke travo 5A merk big elco 10000uf 80v(2) dan diode brigde. Tr final sanken 2 pasang.. Tp kok suara treble dan bass terasa kurang ya .. Apakh ad yg kurang dayanya.

Rasta Fara said...

Gan sy ad kit speakr aktf stereo udh ad subwoofer juga .. Pke travo 5A merk big elco 10000uf 80v(2) dan diode brigde. Tr final sanken 2 pasang.. Tp kok suara treble dan bass terasa kurang ya .. Apakh ad yg kurang dayanya.

Rasta Fara said...

Gan sy ad kit speakr aktf stereo udh ad subwoofer juga .. Pke travo 5A merk big elco 10000uf 80v(2) dan diode brigde. Tr final sanken 2 pasang.. Tp kok suara treble dan bass terasa kurang ya .. Apakh ad yg kurang dayanya.

Anonymous said...

Terima kasih atas kunjungannya Bung #Rasta fara.
Menurut bhejoe dengan 5A (murni) cukup.
Kebanyakan Kit speaker aktif yang ada dipasaran, biasanya ber-Karakter suara “Flat“.
Untuk mendapatkan kualitas suara seperti yang kita mau sepertinya ada beberapa perubahan atau penambahan, ( misalnya menambah penguat nada bass dan trebel , Aqualizer, spatializer dll).
ataupun hanya penambahan sederhana misalnya untuk menambah nada treebel bisa dengan memasag kapasitor dengan nilai dari beberapa ratus pF s/d beberapa nF, pada potensio Volume atau potensio pengatur nada trebel ( bisa dicoba-coba supaya kita tahu perbedaannya)
Makin kecil nilai kapasitornya trebelnya makin halus tetapi kurang keras terdengar.
(Bhejoe pernah menambah kit Galaxy lama dan sangat terasa perbedaan nya)

Terima kasih

laurensius kalesaran said...

Bang....nanya nich...sy punya power crown xti4000...bisa ga pakai 2 buah sub woofer? Soalnya dipower hanya tertera bridge mono(satu sub woofer)kl bisa gimana dan dimana nyambung kabelnya.

laurensius kalesaran said...

Nanya part 2 hehe ..sy uda buat speaker kiri dan kanan,dlm 1 box ada speaker midlle 12" 8ohm single coil dan 4 buah tweter,juga ada sub woofer 15" 4ohm double coil...yg jadi bingung gimana cara nyambung kabelnya mulai dari sub yg double coil sampai ke 12" dan ke tweternya...(bingung karna ada yg double coil dan sigle coil)...kalo dari artikel2 ada yg bilang utk double coil di seri at paralel...kira2 mana yg bagus biar suara basnya nonjol..maklum hobby suara bass.tx

laurensius kalesaran said...

Nanya part 2😃😃😃saya uda buat 2 box kiri & kanan,dlm box uda ada speaker sub woofer 15" 4ohm double coil,12"speaker middle single coil 8ohm dan tweter 4 biji 8ohm...yg jadi bingung cara nyambungnya karena ada yg double coil dan single coil(ada yg 4ohm dan 8ohm).ada yg bilang kl double coil sambung paralel at seri..mana yg benar biar dpt suara yg bagus trutama suara bassnya...powernya tertera bisa utk 8 ohm 4ohm dan 2 ohm.

laurensius kalesaran said...

Nanya part 2😃😃😃saya uda buat 2 box kiri & kanan,dlm box uda ada speaker sub woofer 15" 4ohm double coil,12"speaker middle single coil 8ohm dan tweter 4 biji 8ohm...yg jadi bingung cara nyambungnya karena ada yg double coil dan single coil(ada yg 4ohm dan 8ohm).ada yg bilang kl double coil sambung paralel at seri..mana yg benar biar dpt suara yg bagus trutama suara bassnya...powernya tertera bisa utk 8 ohm 4ohm dan 2 ohm.

laurensius kalesaran said...

Bang....nanya nich...sy punya power crown xti4000...bisa ga pakai 2 buah sub woofer? Soalnya dipower hanya tertera bridge mono(satu sub woofer)kl bisa gimana dan dimana nyambung kabelnya.

Anonymous said...

terima kasih Bung Laurensius atas kunjungannya ,
Power Crown XTi4000 menurut info yang bhejoe dapat, memang merupakan Power Amplifier yang cocok untuk Low & Mid.
menurut bhejoe bisa saja dipakai untuk dua subwoofer .
Mengenai 8 , 4 atau 2 ohm tergantung kita setting beban/speaker yg dipasangnya ( ada yang diparalel,atau seri untuk mendapatkan impedansi yang kita inginkan)untuk hitungan paralel dan seri bisa cari di google. (kalau di seri impedansi nambah, kalau diparalel impedansi lebih kecil).
untuk pemasangan pengkabelan subwoofer double Coil , single coil ,dipasang dengan ampli mono atau stereo bisa di lihat di audiorakitan.web.id.
Bhejoe tidak berani kasih masukan, karena Crown XTi 4000 ,merupakan power Ampli yang mahal dan bagus (ada yang bilang seperti Kucing Garong, diajak Meraung OK! diajak meong apa lagi he he he.
bhejoe mah masih belajar dan trial by error kelas DIY kecil kecilan.....
terima kasih

Hadi Susilo said...

Kang mohon pencerahanya..

Saya ada power ampli rakitan 400 watt , dgn modul tone control terpisah.. Nah berencana maw pasang subwoofer12 inch..

Utk merakit subwoofer bahan2nya apa aja ya kang ?
Trus seandainya subwoofer udah jadi merangakinya ke power amplifiernya gimana ya kang ? Kan di power amp nya cuman ada 2 chanel..


Makasih kang sebelumnya

Anonymous said...

Terimakasih atas kunjungannya Bung Hadi Susilo,
Bhejoe juga masih belajar Omm,
untuk membuat Active Subwoofer kita hanta perlu Speaker subwoofe, Kit Active Subwoofer, travo yang mencukupi, dan Bok Subwoofer tentunya.
Menurut Bhejoe , jika pada modul tone control tidak ada bagian LPF (low pass filter untuk Subwoofer) akan lebih baik bila Subwoofer didrive/dikendalikan oleh power Ampli tersendiri.
Masih ingat Bi Amp? http://bhejoe.blogspot.co.id/2015/06/bi-amp-diy.html

bisa saja menggunakan Crosover yang ada filter untuk Subwoofer. (Bhejoe belum pernah mencoba dengan Crossover pasif)
Bhejoe telah mencoba dengan power Ampli Untuk subwoofer yang telah ada rangkaian LPF-nya (Kit Active Subwoofer) menurut bhejoe hasilnya cukup memuaskan.
Memuaskanya sesuai kantong bhejoe ( Karep gede bondo cupet ...Hehehe ).
Kit Active Subwoofer banyak dijual dipasaran, di tempat bhejoe ada yang transistor penguat akhir yang berbeda-beda . Ada yang Sanken , ada yang Jengkolan ada juga yang 2955+pasanganya dan IC TDA dll
Ketika kita beli Kit ini bisasanya ada instruksi pemasangan.

Bila kita menggunakan tonecontrol 2 chanel, kalau bhejoe pasang jak Y konektor pada sumber audio.
demikian, terima kasih

Ardan Aeros said...

Gan...saya beli filter subwoofer merk sniper dgn 4 ic jrc4558,akan tetapi setelah aku hubungkan filter outputnya ke input power ocl 300 watt mono dgn speaker subwoofer 10 inc/8 ohm merk amerikanboss dobel coil 350 watt.....ternyata begitu di coba dgn musik mp3 koploan dan lain"....suara bassnya sangat berat,mendem,dan pecah alias gx karu"an jika volume ampli kita naikan seperempat....padahal jika putar musik tanpa kit filter subwoofer tsb....baik pake tone control ataupun tdk suaranya benar powerfull alias ngelosssss dan semua speaker normal tanpa cacat sedikitpun....kira" solusinya gimana gan...mungkinkah setiap filter subwoofer yg di toko ada pasangan penguatnya atau memang ada ampli khusus utk kit filer tsb...berbagai jenis kit filter/lpf dari toko sudah kucoba namun semuanya sama saja alias bassnya kecil jebrat jebrettt gx karu"an bunyinya...pengen bgtt manfaatin power 400watt ocl tsb dgn menjadikan subwoofer dgn kit filter yg ada jd gx sia" jadinya...please gan utk solusinya..mksh sblmnya...salam kenal.

Anonymous said...

terima kasih Bung Ardan & salam kenal juga.
terakhir saya beli kit subwoofer dengan penguat akhir IC TDA7294.
dengan rangkaian LPF menggunakan IC berkaki 14 typenya saya Lupa. ada pengatur Cut of untuk frekfensi Sub nya.
silahkan siapa tau bisa reques untuk rangkaian LPFnya saja.
ini Grup FB-nya D.I.Y_eLectro (Lab belajarberbagi)
terima kasih
salam

Dimas Priyanto said...

Salam kenal agaaan.mau tanya dikit gan...hehe
Begini...skarang sya ada speaker aktif( system 2.1)masih normal.dan sya rsa(menrut telinga sya) suara bassnya kurang dalem..trs sya belikan lpf.tp sya bingung masngnya...lau mnrut agan apa mngkin bisa speaker aktif sya tmbahkan lpf.? Lau bisa masngnya gmn gan..?

Dimas Priyanto said...

Salam kenal agaaan.mau tanya dikit gan...hehe
Begini...skarang sya ada speaker aktif( system 2.1)masih normal.dan sya rsa(menrut telinga sya) suara bassnya kurang dalem..trs sya belikan lpf.tp sya bingung masngnya...lau mnrut agan apa mngkin bisa speaker aktif sya tmbahkan lpf.? Lau bisa masngnya gmn gan..?

Anonymous said...

Salam kenal juga Bung @Dimas Prianto,
Hmm, Kondisi speker 2.1 masih bagus.
Tapi Bass kurang dalam. Ingin di tambah LPF?.

Apakah kekuatan bass-nya sudah cukup dengan system yang ada ?
“Kurang dalam“ itu apa SPL nya/ hentakan Bassnya yang kurang nendang ?
Atau nada rendahnya saja yang kurang rendah?.
Untuk memasang Low Pass filter pada speaker aktif/ integrated amplifier ,
Bhejoe belum pernah dan menurut bhejoe cukup sulit.
Kita harus mengetahui detail dari rangkaian speaker aktif tersebut, dan tahu dimana letak antara blok rangkaian pengat akhir dan rangkaian tone control atau rangkaian LPF bawaan-nya.
Sebagai info , bhejoe pernah dengar bahwa rangkaian LPf yang ada di pasaran kebanyakan menggunakan 2 OP amp , kemarin bhejoe coba beli online yang 4 OP Amp hasilnya cukup baik .
Kalau masih kurang rendah atau ingin yang lebih bagus bisa kita gunakan low pass fillter dengan 6 OP Amp .

Demikian, maaf tidak bisa membantu.
bagaimana kalau dibuatkan Subwoofer tambahan yang terpisah?
mungkin hasilnya akan lebih terasa.
Terima kasih

Anonymous said...

@bung Ardan aeros,
- sebagai info , bhejoe coba ampli subwoofer/ kit subwoofer dipasang pada subwoofer dengan crosofer pasif.dan hasilya kurang bagus ( mungkin karena ketidak sesuaian antara nada rendah yang dihasilkan oleh kit subwoofer dan cros over yang terpasang. dan tentu karena keterbatasan pengetahuan Bhejoe,).
namun setelah cross over dilepas hasilnya lebih baik.
- menurut bhejoe, bila memungkinkan kita pilih dari produsen kit yang sama , tetapi beberapa kali bhejoe coba dari produsen kit yang berbeda banyak juga yang bagus juga.

terima kasih.
salam

andi nugroho said...

Mas mau tanya saya punya ampli stereo + tone control stereo..saya punya kit subwoofer filter output hanya 1 atau mono..cara menggabungkan bagaimana ya..terima kasih..

mau lidal said...

Sy pnya tone contol parametrik ketika vol. Subwofer digedein suara dengung muncul sangat mngganggu ktika vol wofer di nol hilang..solusi gmn

mau lidal said...

Gmn kira2 kang

Anonymous said...

Terima kasih Bung @Andi nugroho ,
Mungkin bisa dicoba : output dari tone control kita hubungkan ke input kit filter subwoofer dan input dari Kit Amplifiler stereo.
kemudian output dari kit filter subwoofer kita hubungkan dengan power amplifier mono (Apabila filter subwoofer belum ada penguat akhirnya/power Amp-nya)untuk selanjutnya dihubungkan ke speaker subwoofer kita.
demikian semoga membantu.
terima kasih

Anonymous said...

Terima kasih Bung @Mau lidal
apakah ketika tidak ada input audio dan vol subwoofer dibuka suara dengung masih tinggi?
apakah suara dengung tidak terasa /terdengar ketika ada input dari sumber audio dan vol sub di buka ?
cara praktisnya menurut bhejoe kita atur nada rendah pada paremetrik sedikit demi sedikit dan dicoba dengan membuka volume subwoofer perlahan.
sampai kita dapatkan pengaturan nada rendah yang pass . karena nada rendah memang rentan dengan dengung/ atau berhubungan dengan besarnya gain (penguat frekuensi audio).
demikian,
terima kasih

mau lidal said...

Power ampli ketika sendiri tdk di hubungkan dg rangkaian lain suara adem..termasuk digabung dg parametrikpun adem tp begitu vol. Subwofer di buka murni dengung muncul...lebih jls nya sy pake tone parametrik merek pithon " stereo speaker aktif amplifier..di lmbar petunjuk jelas ada resistor 10k dibagian vol sw..tp di pcb tdk terpasang..apa mgkin ini saran dari pencipta metrik ya...mnta pencerahan

mau lidal said...

Rangkaian power ampli sy 800watt sanken..pengen suara bass empuk kira2 yg bagus pake apa mas..trs kl rangkaian power supply utk tone sendiri..power ampli sendiri sama2 pake ct..lah kl kedua ct itu semua dipakai pa tdk terjadi korslet alias jadi panas..trim

Anonymous said...

Terima kasih Bung @Mau lidal,
menurut bhejoe jawaban pertanyaanya lebih banyak bersifat teknis ya pak?
mungkin bapak bisa gabung di grup facebook : Power amplifier rakitan,
atau : Komunitas Audio Jabodetabek atau grup super OCL Kreatif.
di grup tersebut bhejoe juga banyak belajar. & semoga dapat jawaban yang lebih bersifat teknis dan lebih tepat.

untuk penggunaan trafo masing-masing ( Tone control & power Amp ), dengan kualitas yang sama bisa jadi lebih bagus Pak.
namun trafo memiliki medan induksi,jadi dengan dua trafo dalam satu boks amp juga beresiko menimbulkan dengung (dengung bisa diminimalkan,silahkan digoogle ada pak).
terima kasih

Mad Gendut said...

mas .. mhn pencerahannya.. sy punya subwoofer aktif, dicoba ambil input audio langsung dari DVD player suara bass berasa nendangnya meski non vokal .. tapi kalo input audio lewat power ampli (PA) kok harus naikkan volume tinggi PA dulu, baru berasa nendang bassnya .. padahal PA sy 1000w .. sementara output audio dvd (paket RCA) cuma satu output yg udah dikoneksikan PA ...maunya sy input suara ke subwoofer tidak usah lewat PA .. gemana caranya mas...

Anonymous said...

Terima kasih #Mad Gendut,
Maaf baru balas, habis liburan.
Yang bhejoe tangkap dari cerita Mad Gendut,
1.mungkin subwoofer aktifnya diseting Low input.
2.Output audio dari DVD kita pasang RCA Y conektor (1 input 2 output) . trus output yang satu ke Subwoofer aktif.
dan yang satu lagi ke PA yang 1000 Watt.

demikian,
terima kasih

Frazt Prasetyo said...

Salam Bung, Setelah baca artikel anda, saya putuskan beli kit subwoofer sx686, trafo 5A, speaker subwoofer doube coil 10" 300waat, Jreng sambil belajar semua tersambung dan berfungsi , tapi ketika semua sudah tertata dalam box ampli, > output tonecontrol yang semula ke input Ampli saya lepas dan pasang ke input sx686 tp kemudian pada kit sx686 tidak ada lineout ke ampi seperti pada tuluisan anda, gmana slusinya? Terimakasih

Anonymous said...

Terma kasih Bung Frazt Prasetyo,
Kalau yang pernah saya coba saya sambung paralel antara output ke Kit Sub , dan ke Power Amp, ( supaya terlihat bagus dan praktis (bisa colok cabut untuk experiment), saya menggunakan Y konektor pak ). terima kasih.

boleh dicoba pasang didepan tone control,hasil keluaran Sub woofernya bagus mana?
terima kasih

Aziz Syamsudin said...

Bang mau tanya nih..
Bagaimana cara merubah speaker aktif 2.0 menjadi speaker aktif 2.1??
Ane dirumah kan punya speaker aktif yang 2.0 terus ane pengen nambahin subwoofer biar tambah mantap..
Ity gimana yah bang cara ngerubahnya ??? Mohon pencerahannya masih awam soalnya...

Anonymous said...

terima kasih Bung Aziz,
Kalau yang akan tambah SubWoofer Aktif,
1. Kita tinggal menghubungkan Output sumber audio ( DVD,HP dll ). ke Subwoofer Aktif kita (apabila ada pilihan input pada subwoofer pilih yang Low )

2. atau apabila speaker aktif yg ada merupakan Kit terpisah antara tone control dan Power Amp-nya, kita bisa coba keluaran tone control kita hubungkan ke input Subwoofer aktif , (apabila ada pilihan input pada subwoofer pilih yang Hi ) .
demikian,
terima kasih

Agus Priyanto said...

Gan sya lg coba rakit subwoofer pke power mono trs active subwoofer tp suaray ko g bs kenceng knp y..?klw dilihat dr jalury potensio volume gabung ma output sub...gmn y caray biar digedein tambah gde suaray...apa perlu modul lagi...?mgkn spt toncontrol mono apa gmn y gan...mohon dibantu gan...klw blh bs wa ke no 081288442254 biar ane bisa komunikasi langsung...trmksh

Maringan Manalu said...

Mas integred yamaha ax 470 bisa di sambung sub aktip ga. Trims

Anonymous said...

Terima kasih Bung marigan Manalu,
berhubung ax 470 belum mempunyai Sub out, menurut Bhejoe .
kita bisa menambah Subwoofer Active dengan RCA Y conector ( RCA cabang ) pada input yang akan kita masukan ke AX470 .
semoga membantu
terima kasih

ival said...

assalamualaikum gan,,saya masih belajar nih di bidang audio,, gini gan saya punya power ampli stereo+tone control stereo plus subwoofer dan crossover speaker 2 way mono 1pcs. Nah saya bingung nyambung di out power L/R ke crossover di crossover cuma ada in -+? mohon pencerahan nya gan terimakasih

Unknown said...

Bang, mau tanya doonk...sy punya home theater 5.1 polytron yg sama dvd nya tuh, type ny sy lupa...subwofer 1, sama 5 speaker kecil-kecil... nah sy mau home theater itu bs di setel di leptop tanpa pakai dvd player nya, bisa ga ya bang...minta tolong pencerahannya ya bang, terima kasih sebelumnya..

Anonymous said...

Terima kasih Bung #Ival atas kunjungannya,
kalau tone control dan power ampli sepertinya tinggal sambung seperti biasa.
trus kalau crosover biasanya kita tempatkan dalam kabinet / boks speaker.
kalau cross over two way seharusnya ada yang buat treebel dan ada yang buat woofer.
in-nya dihubungkan ke out put Amplifiler. dan outnya ke driver speaker.
demikian.
terima kasih

Anonymous said...

To Bung #Unknown terima kasih atas kunjungannya.
sepertinya Player DVD-nya belum ada multi chanel input-nya ya pak?.
apakah pada DVD playernya ada HDMI (High-Definition Multimedia Interfacein) ?
kalau ada kita bisa menggunakan nya untuk menghubungkan ke Leptop.

kalau tidak ada agak rumit sedikit dan beresko rusak pak, yaitu kita lihat bagian dalam DVD playernya dan sebaiknya kita mengetahui blok-blok yang ada dalam Player tersebut. ( saya tidak merekomendasikan untuk ini apabila kita belum mengetahui blok-blok terseBut. kalau kita tahu blok-blok nya kita tinggal buatkan saluran inputnya.
demikian,
terima kasih

ival said...

malam bang, kita punya power ocl sanken stereo-tonecontrol stereo dan protek speaker,, nah kalo mau pasang preamp filter subwoofer aktif 12v DMS-504 gimana? di kit preamp filter cuma ada in L/R/G nah di out nya cuma ada +- saja gak tertera L atau R nya? mohon bantuan nya bang maklum masih belajar

Anonymous said...

Power OCL-nya akan digunakan untuk Subwoofer? atau untuk speaker Utama?
Kalau Subwoofer yang akan dibuat ada power Amp tersendiri,
maka Untuk memasang Pre Amp Subwoofer-nya di pasang setelah Tone Control ( kalau bhejoe diparalel dengan input yang ke Power Ampli OCL). kemudian Out Put PreAmp Sub-nya dihubungkan dengan Power Amp yang untuk Subwoofer dan selanjutnya ke Speaker Subwoofer.
demikian,
terima kasih

Unknown said...

Pagi bang nh aq Punya amp dat 313 uda aq rakit pake power amp 400w.nah trus sya mau nambah bombaster 200w gmna cra mnyabung masing2 kbelnya tlong jawabannya yh bang makasih

Anonymous said...

Pagi juga Bang,
untuk Bombaster 200W sepertinya sudah jelas informasi perkabelannya.
mungkin kalau untuk ditambangkan pada amplifier stereo , cara praktisnya output sumber audio kita hubungkan dengan input dari Bombaster ini. ( ada baiknya kalau yang dihubungkan setelah tonecontrol ampli) .
kalau mau dipasang didalam satu bok dengan ampli yang sudah ada, bisa kita paralelkan input sumber audio dengan input bombaster .( dengan konektor RCA untuk audio input).
demikian,
terima kasih

Adi fuadie said...

malem bang.saya telah belajar merakit amplifier dengan kit power amp 150 watt ocl 12 volt hasilnya lumayan bagus,suara jernih bass juga lumayan saya ingin menambahkan power untuk subwoofer.memakai trafo ct 5 A.untuk power suply kit sub woofer bisa di gabung atau dipisah dengan membuat power suply 12 volt lagi?untuk input kit power subwoofer cocok nya memakai stereo/mono dan berapa watt?terimakasih.

Anonymous said...

Terima kasih Bung Adi Fuadie,
Untuk Power suplay kalau dirasa masih cukup ( misal 12V Dc x 5 A = 60 Watt )
Sepertinya masih Cukup Bung adi , ( tergantung Subwoofer yang akan ditambahkan) jadi Bisa dicoba dulu sebelum menambah power suply .
Untuk kit Subwoofer nya bisa yang inputnya stereo ataupun mono ( yang Bhejoe coba kebetulan inputnya stereo).
Untuk Besar watt subwoofer , menurut bhejoe sebaiknya lebih besar dari Watt Ampli stereo yang sudah ada. Supaya hentakan nada rendahnya lebih terasa.
Demikian , semoga membantu
Terima kasih

ganter said...

mau tanya mas cara merakit ketiga nya bagaimana

ganter said...

mau tanya mas gimana cara merakt ketiga alat digambar ini
http://s1005.photobucket.com/user/borneoinfo552/media/2442229_440d8204-c65c-461a-8914-73c5a6099074_zpseohrpqnq.jpg.html
http://s1005.photobucket.com/user/borneoinfo552/media/2442229_b6587567-c3b7-4dfb-88e0-8a031f1d3218_709_660_zpsqzipx3nn.jpg.html
http://s1005.photobucket.com/user/borneoinfo552/media/IMG_20170223_170904_zpsfwqytkbf.jpg.html

Anonymous said...

Terima kashsih Bung Ganter ,
Maaf Agak terlambat,menurut bhejoe bisa saja ( apakah power Amp-nya jenis IC TDA ? bhejoe lihatnya kurang jelas)
1. input Tone control di paralel dengan input Kitsub /lo Max
2. output tone control di paralel dengan input lo-max kemudian power Amp(lihat perbedaannya, bagus mana?)
kalau input Lo-Max dari output tone control berarti kualitas input yang masuk ke Lo-max sudah melalui tone control, hal ini bisa jadi kualitas nada rendah yang keluar dari lo-max nantinya lebih bagus.
dan selanjutnya kita hubungkan ke Kit Ampli.
demikian, semoga membantu.(bhejoe juga masih belajar bung)

terima kasih.

тιтo ѕaвneno said...

Boss saya punya amply 1200wat dngan 2 power mono masing2 600wat. Tone controlnya pke paramatrik., gmana cara merombak biar bisa peswng kid subwofer... Timakasih bos...

Anonymous said...

Terima kasih Bung Tito ,
- apakah Power tersebut akan digunakan untuk men-drive Subwoofer saja?
- atau untuk menghidupkan speaker set (Woofer,medle& tweeter)?
- atau hanya akan menambah subwoofer?
Menurut Bhejoe Dengan menggunakan Parametrik kualitas output audio sudah bagus ,
- kalau power ampli akan digunakan untuk Subwoofer saja, tinggal ditambahakan kit sub setelah parametrik ( kalau bisa kit sub-nya yang bisa menghasilkan nada rendah lebih rendah dari parametriknya).
-kalau akan menambahkan Sub pada ampl yang ada , out put dari kit sub dihubungkan ke power tambahan.

demikian,
semoga membantu ,terima kasih

тιтo ѕaвneno said...

Trimakasih bos atas valasannya...
Saya rencananya mau menambah sub pada ampli kusus buat bas aja gan., sedangkan parametrik nyambung ke power yg satunya...

Agus Setiyawan said...

Siang bang mau nanya ni bang. Saya punya PA 150 watt stereo
Equalizer 20 chnl stereo
Parametrick stereo terpisah dgn PA
Dan kit subwofer 300 watt beserta spiker subwofer nya cara urutan instalasinya gimana bang untuk subwofer nya trimz.

Anonymous said...

Terima kasih Bung Agus Setiyawan,
Menurut Bhejoe, (Equalizer/ grafik eQualizer & Parametrick eQualizer kerjanya hampir sama , kalau Equalizer mengatur nadanya tetap sesuai yang kita atur, sedangkan Parametrik Equalizer pengaturan nadanya bisa lebih dinamis mohon maaf bila keliru).
Perbedaannya (menurut sumber lain),
graphic EQ:
-nilai frekuensi yang dapat diatur telah ditentukan.
-lebar pengaruh naik turunya kekuatan tiap band adalah tetap (constant Q)
Parametric EQ:
-nilai frekuensi berupa variable yang dapat dirubah pada jangkauan tertentu.
-lebar pengaruh naik turunnya kekuatan tiap band dapat diubah pada jangkauan tertentu (variable Q)
Kedua jenis EQ ini dapat ditemukan sekaligus pada sound processor .

Boleh dicoba pemakaian salah satu saja dan perhatikan perbedaannya antara menggunakan Grafik Equalizer & Parametrik Equalizer .
Dan perbedaan bila dipasang dua-duanya dengan Equalizer di depan Sebelum Parametrik & parametrik dulu kemudian Equalizer. ( Silahkan pilih yang terbaik menurut Bung Agus, maaf )

Untuk pemasangan Kit Subwoofer, menurut bhejoe akan lebih baik setelah Equalizer atau Parametrik Equalizer ( Praktisnya diparalelkan ke input PA 150 / output dari EQ/PE dicabang dua ke Kit Sub Dan satunya ke PA 150, bisa juga dengan RCA Y Conektor ). Dengan alasan Equalizer atau Parametrik Equalizer ibarat salon kecantikan, jadi nada/suara yang dihasilkan setelahnya sudah Cantik . Sedangkan selanjutnya kita percantik nada Rendahnya dengan kit Subwoofer.... (maaf Bhejoe juga masih belajar )

Demikian semoga membantu
terima kasih

Agus Setiyawan said...

Oh begitu ya bang ok trimakasih bang penjelasannya

Dharwis drantauw said...

malam bos,, mau tanya juga nich.
sy punyA tape deck jadul politron, apa bisa ditambah dengan kit subwoofer, dan kalau bisa gmna cara pasangx??

Anonymous said...

Terima kasih Bung Dharwis drantauw
Tape deck Polytron , Bhejoe juga suka Polytron .
sepertinya bisa ,Kalau sumber audionya dari sumber yang terpisah , Misalnya DVD player / Hand phone .
Cara praktisnya kita bisa menggunakan Y RCA Conektor ( RCA cabang ) dicolokan ke port / colokan AUDO/CD IN. kemudian RCA yang cabang tadi ( cabang yang lain) dihubungkan ke input ke Kit Subwoofer .
Demikian,
Terima kasih

Dharwis drantauw said...

ia mas,,, maksud saya apa kit subwoofer bisa dipasang paten didalam rangkain power tape
n memasangx dari modul dlu bru out ke power?? bgtu mas

Dharwis drantauw said...

yg ke dua,,, gmna menambah power tape deck sy tanpa mengganti travo, krna sy liat travox mas sdh 5 amper,, dan brpa besar watt audio out yg bisa ditambah untuk travo yg 5 ampr.. trmh kasih

Anonymous said...

Maaf agak telat balas Bung Dharwis,
Kit Sub bisa saja di pasang permanen dalam box tape deck ( yang penting tidak mengganggu perkabelan dan alur udara (untuk pendingin).
maaf apakah power pada tape deck nya akan digunakan sebagai power sub woofer atau akan menambahkan power Subwoofer tersendiri?

berapa watt audio out untuk travo 5A ?
bhejoe nemu jawaban yang lebih detail ada di bahar-electronic.blogspot.com

terima kasih

Anonymous said...

Maaf Bang, kalau satu sumber suara /audio akan digunakan untuk subwoofer, dan dua power ampli stereo gimana bang?
terima kasih

Anonymous said...

Terima kasih Bung ,
untuk yang demikian sepertinya bung memerlukan sebuah Audio Distributor.
Audio distributor selain berfungsi untuk membagi sinyal input audio untuk diteruskan ke perangkat lain, dia juga bertugas untuk menguatkan sinyal dan mem-buffer sinyal supaya tidak hilang karena banyak bercabang.
demikian.
terima kasih

edi sukawan said...

Bos saya punya panasonic sc max 770 mau tanya nih.. Apakah bisa di tambah subwoofer ? Supaya suara bas nya tmbah jos. Mksih

edi sukawan said...

Bos saya punya panasonic sc max 770 mau tanya nih.. Apakah bisa di tambah subwoofer ? Supaya suara bas nya tmbah jos. Mksih

Anonymous said...

Terima kasih Bung Edi Sukawan, atas kunjungannya.
Menurut bhejoe , kalau melihat konektor input output yang dibelakang ,
sepertinya produk audio panasonic yang satu ini tidak bisa ditambah Subwoofer .
Mungkin karena produk ini sudah menggunakan speaker berukuran jumbo
dan power full.

Terima kasih.

Anonymous said...

bang...
kalo gabungin ampli stereo bmb dengan home theater sharp... apakah bisa?
sy cb gabung dengan koneksi rca antara line out ampli ke aux in home theater... ternyata hasilnya kurang puas... suara yg keluar di speaker via ht tdk berubah...
apakah ada cara lain utk gabung kedua unit tsb?
tks sebelumnya...

Anonymous said...

Terima kasih Bung atas kunjungannya,

Menurut Bhejoe , untuk mendapatkan perubahan power atau kekuatan suara dari home theather set (Home teather a box). tidak bisa bung ( kecuali kita ganti power nya ),
karena masih menggunakan power & Speaker bawaan HT ( yang telah disetting sedemikian rupa supaya menghasilkan suara yang optimal dengan power ampli bawaan-nya).

demikian,
terima kasih



Dharwis drantauw said...

mf mas baru sy on ini,,, owh gni mas, sy mau menambahkan kitwoofer tersendiri dalam power,,, dan watt travo 5 amper di tape sy kurang tau juga mas,, kemungkinan cuma 100 watt

Adie Argas said...

misi gan mau tnya aq pnya rangkaian speaker aktif 150w mau aq tmbahin subwofer tp bingung gmana caranya gan mhon bantuanya gan mkasih..

Anonymous said...

Terima kasih Bung Adie Argas,
Kalau menurut bhejoe, lebih praktisnya input untuk speaker aktif kita gunakn Y konektor Bung ,
satu ke input speaker aktif , yang satu ke input kit subwoofer.
demikian.
semoga membantu,
terima kasih

Unknown said...

salam gan.. baru beli speaker 2.1 gmc, nah ane dapat barang bekas dr teman speaker sejenis itu juga cuma saya ambil subnya lengkap 1box. jadi gimana ya caranya speak 2.1 ditambahi subwoofer, tp tambahan subwoofernya itu sudah ada ampli trafo stopkontak power dll di dalamnya. jadi lewat jalur mana ya supaya bisa gabung? ane udah baca" blog ini, ada 1 yg ane tangkap yaitu jalur sebelum preamp, saya bingung cari kabel sebelum preamp yg mana yg d cabangkan, dan apakah cr ini bisa gabungin sub yg sudah punya power sendiri? atau kudu d rombak, powernya di ilangin? pengen kirim foto tp ga bisa, apakah ada fb gan? trmksh sbelumnya

Laksono Pujo said...
This comment has been removed by the author.
maswanto said...

terima kasih bung,
menurut bhejoe subwoofer gmc tidak usah di ubah, karena power dan speaker sub bawaan sudah terukur dan optimal.
menurut bhejoe cara praktisnya tinggal menggunakan Y konektor pada output sumber audio Bung,
output yang satu ke Subwoofer yang satu dan out put yang lain ke input speaker 2.1 demikian,
( Y konektornya sesuaikan dengan jack nya )
terima kasih