Monday, August 25, 2014

Menjadi “ Teknisi Elektronik “

Hai…
Kali ini bhejoe ingin berbagi sebuat tips sederhana untuk meningkatkan kreativitas kita dalam kehidupan sehai-hari.
Ingat , Kreatif saja tidak cukup. Yang benar harus selalu kreatif . Dengan kreatif , otak kita tidak akan mati , bahkan akan selelu berkembang seiring aktivitas kreatif kita.
Kali ini bhejoe ingin berbagi mengenai tips untuk menjadi seorang Teknisi elektronik.
Jangan emending sebelah mata dengan ide ini. Dari menjadi teknisi elektronik anda bisa menjadi seorang pengusaha yang memiliki banyak bisnis/usaha , mari kita bedah ide usaha kreatif ini.
Untuk menjadi montir elektronik sangatlah mudah, jika Anda berminat untuk mengisi waktu luang atau memberdayakan generasi muda yang belum bekerja atau sedang menganggur / jobless di lingkungan Anda. Atau sekedar membuat kita menjadi lebih kreaif.

Alat dan bahan/komponen yang dibutuhkan untuk menjadi Teknisi elektronik tidak terlalu mahal, yaitu:

  1. Solder kualitas baik, kalau bisa yang berbentuk tembakan beseta tatakannya.
  2. Penyedot timah yang berkualitas baik. biasanya ukurannya panjang dan lebih besar.
  3. Timah solder yang berkualitas baik. Dipasaran banyak merek yang beredar.
  4. Multitester analog atau multitester digital.

  5. Beberapa buku elektronika dasar dan digital atau buku reparasi sebagai buku pegangan.
  6. Buku persamaan transistor mungkin akan sangat membantu.
  7. Komponen-komponen utama seperti :
  • Resistor 1/4W hingga 10W
  • kapasitor tegangan tinggi,
  • transistor penguat standar buat monitor/TV,
  • transistor penguat atau IC-IC audio amplifier.
  • transistor standar. Kalau ada dana lebih, kita bisa koleksi kit-kit elektronik sederhana yang powerfull sesuai hobi kita juga oke.
    Jangan lupa survei dulu kit yang banyak peminatnya.
  1. Sedikit kesabaran dan hoby.

Selain kedelapan item diatas, bergabung dengan millis juga akan membantu anda dalam mningkatkan pengetahuan tentang elektonik.

Daripada alat lektronik kita yang mengalami sedikit kerusakan (misalnya Kipas angin, mesin cuci , pompa air,televise , music box dll ) Anda bawa ke tukang montir elekronik dan bayar Rp.75.000,- s/d Rp. 300.000,- lebih baik kita coba untuk perbaiki sendiri dulu,kalau berhasil maka anda berhak menyandang gelar sebagai teknisi elektronik .
Setelah mnjadi teknisi elektronik , maka kita bisa kembangkan lagi kreatifitas kita dengan menjual kit atau rangkaian elektronik siap pakai dan menerima pesanan perakitan amplifier atau speaker aktif dan menerima instalasi audio mobil.

Selanjutnya anda bisa juga jual aseoris audio mobil dan terus, terus….. tidak tersa anda telah memiliki demikian banyak usaha atau bisnis. ( service elektonik, jual kit , terima instalasi audio mobil, terima pembuatan aktif speaker dan subwoofer , jual asesoris audio mobil , bisajuga menjadi perantara penjualan mobil bekas dan lain sebagainya ).

Masih ingat dengan manfaat kreatif diatas bukan?.
Bagaimana benar ?

Sekedar informasi , selain Bhejoe sebagai Diy-er kepepet sejati juga terima servis kecil-kecilan. ( terima Bongkar he he he ).
Posting ini bhejoe tulis disaat tanggal tua, dompet kosong, istri dan anak ketiga sedang pulang kampung menjenguk ibu yang sakit.
Andai kata bhejoe seorang wirausaha tentu akan dapat mendampingi istri untuk menjenguk ibu yang sakit. Berhubung bhejoe masih sebagai kuli di pabrik kecil , maka waktu bhejoe sangat terikat dengan tanggungjawab sebagai karyawan.

Demikian, semoga menginspirasi.
Terima kasih

Bhejoe

No comments: