Friday, June 20, 2014

Cara pasang AC Baru dan bekas

Suhu diruangan anda terasa panas ?
mungkin AC diruangan anda perlu di service,
berikut ini tips dari sukajembar.blogspot.com. mengenai cara pemasangan ac baru dan bekas. 

 kali ini saya mau berbagi tentang bagai mana pasang AC baru & bekas.

contoh pemasangan AC split.
Pertama tama kita harus persiapkan dahulu alat alat yang kita butuhkan misalnya :
1. kunci untuk senai piva,
2. pisau pemotong piva,
3. kunci ingris, agar multi pungsi,
4. kunci L (Set),
5. bor dan mata bornya,
6. tang ampere dan perlengkapan pendukung lainnya.


Pasang AC baru relatif lebih cepat dikarenakan barang yang mau kita pasang itu serba baru , dan tidak perlu banyak pengujian ,
1.Pertama pasang breket indoor,
2.Pasang pipa,
3. kemudian pasang out door unit -nya,
4. pasang piva yang dari indoor ke out door unit .
5. sambung instalasi listirik nya,
6. dan tak lupa sebelum di hidupkan buka kran dari kompresor,
7. AC siap dihidupkan tinggal ukur pake tang ampere berapa tegangan arus yang keluar, dan ukur juga tekanan presure Freon.
biasnya kalau AC nya 1 PKpresure preon nya sekitar 80 PSI dan ampere nya sekitar lebih kurang 4 ampere itu dipastikan AC nya normal.

Pemasangan AC bekas
Pemasangan AC bekas biasanya lebih rumit banyak sekali yang harus kita perhatikan.
1. Pertama tama indoornya terlebih dahulu kita cek apakah masih normal atau tidak, setelah kita cek dan menurut kita normal. cara mengecek in door normal atau tidak nya kita masukan saja power suply terus dihidupkan apakah masih bekerja dengan baik, baru lah kita pasang.
2. Setelah indoor dipasang tentunya langkah berikutnya sama seperti pasang AC baru,
3. Pasang Piva. Sebelum piva dipasang  terlebih dahulu kita cek piva nya apakah ada kebocoran atau tidak  dari sambungan. untuk mengecek kebocoran yang paling sederhana dan mudah biasanya saya menggunakan kompresor dan jangan lupa pembungkus piva nya dilepas dahulu.
4. Setelah pembungkus dilepas baru kita lakukan pengecekan dengan cara, siapkan bak yang biasa kita gunakan untuk mencuci AC diisi air tinggal dicelupkan saja sambungannya lalu ujung piva yang sebelah ditutup kemudian sebelahnya ditekan menggunakan angin dari kompresor. kalau tidak ada gelembung pada sambungan tadi dipastikan piva tidak ada kebocoran dan siap pasang.
5. Dan jangan lupa sebelum dipasang, bisanya piva bekas banyak oli yang tersisa didalam piva dan bisa di plushing terlebih dahulu.
6. langkah selanjutnya pasang out door nya, dan jangan lupa juga dicek terlebih dahulu apakah masih normal atau tidak.karena kebanyakan menurut pengalaman saya yang sering saya jumpai dilapangan hampir rata rata semua AC bekas  mengalami kerusakan entah rusak berat atau ringan.
7. Pertama kita cek dulu Capasitor nya, Over load, dan yang paling penting adalah kompresornya. ini yang paling vital, biasanya kompresor kalau sudah dipakai oli nya sudah naik ke piva kalau demikian untuk menjaga keawetan sebaiknya kompresor diganti saja.

Setelah semua dilakukan baru lah dipasang. dan dilakukan penginstalasian dan sebelum di isi preon, jangan lupa di vakum  dulu, fungsi nya agar semua angin yang ada di dalam piva bisa hilang sehingga AC akan dingin secara maksimal. dan di isi Freon deh, tapi ingat, sewaktu pengisian Freon itu harus pelan pelan.artinya kalau kita mau pake tekanan 70 psi itu secara bertahap,  20 psi dulu setelah normal tambah lagi sampai 40 psi setelah normal tambah lagi, begitu selanjutnya  sampai angka yang kita inginkan. tujuannya Untuk menghindari lonjakan arus yang bisa mengakibatkan kalau kompresor bekas itu bisa terbakar.
Demikian

Dan selamat mencoba semoga bermanfaat.

No comments: