Thursday, April 24, 2014

Bentuk standar boks speaker

Sebagus apapun power amplifiernya belum bisa kita nikmati suaranya kalu belum disambungkan ke speaker . Sedangkan kualitas suara tidak akan optimal kalu belum menemukan komposisi yang pas antara kekuatan driver speaker dan jenis boks speakernya.
Berikut ini bhejoe coba posting beberapa jenis boks speaker standar .namun seiring kemajuan jaman , dengan adanya software untuk menghitung antara volume boks dan kekuatan speaker, serta alur udara dalam boks speaker yang dapat menambah kualitas suara yang keluar, maka desain boks speaker bisa dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang enak di dengar.

Berikut ini beberapa desain standar boks speaker :


1.Closed Box : menggunakan boks yang tertutup rapat , desain seperti ini biasanya untuk menghasilkan suara yang bagus , memerlukan daya power amlifier yang lebih besar.

 
  1. vanted box : boks speaker dengan lubang buangan untuk menambah suara bass atau untuk menambah output frequency rendah, desain boks speaker jenis ini bisa menghasilkan suara yang lebih bertenaga dengan daya amplifier yang sama, hal ini disebabkan adanya lobang buangan udara .



     

  2. Pasif radiator box ; desain boks speaker jenis yang satu ini , menggunakan pasif radiator untuk menambah tekanan suara yang keluar sehingga lebih bertenaga.. kalau diperhatikan boks speaker tipe ini merupakan tipe closed box yang ditambah dengan unit radiator.

     





  3. boks speaker tipe ini biasanya digunakan untuk boks subwoofer. Desain boks ini dipercaya dapat mengghasilkan gebukan bass yang lebih dengan daya amplifier yang sama. 

     

     
  4. Paralel double-tuned banpass box .
    Boks dengan 2 lobang angin untuk menambah kualitas suara yang dihasilkan., seperti model boks sebelumnya desain boks speaker seperti ini biasanya digunakan untuk sebuah subwoofer.





  5. Menurut bhejoe ke 5 model boks speaker diatas sudah cukup mewakili desain standar boks speaker, dengan kreatifitas-kreatifitas desainer maka ada desain isobarik yang menggabungkan dua unit driver speaker dan dipasang secara berhadapan, kemudian ada juga Down firing yang menurut bhejoe desain down firing ini mengadopsi desain boks speaker tipe vented tetapi driver menghadap ke bawah. Posisi driver seperti ini dipercaya dapat menghasilkan frekfensi yang lebih rendah.
Mengenai sub woofer , Performa subwoofer dalam menghasilkan suara bass yang rendah dan juga solid tentunya didukung dengan enclosure atau boxsubwoofer.

Demikian desain standar boks speaker yang bhejoe ketahui dari berbagai sumber , adapun gambar bhejoe buat menggunakan openoffice presentation.

Bagi diy-er sejati, jangan ragu untuk bereksperimen membuat boks speaker dengan berbagi macam desain standar supaya kita mengetahui apa perbedaan serta apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing desain. Dan tidak hanya katanya. Atau menurut bla bla bla

Semoga menginspirasi

salam kreatif

bhejoe





No comments: