Monday, January 20, 2014

Hobi VS Dana/Biaya

Hai...Lama tidak posting ,
selain karena kesibukan dan bingung mau posting apa , akhirnya bhejoe coba memposting cerita ini.
Dalam kekosongan posting Bhejoe teringat dengan hobi lama Bhejoe'. Yaitu membuat , merakit amplifier , dan kemudian bhejoe tau ternyata itu sebagian dari DIY-er.
Sebenarnya hobi itu apa?
Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby"

Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatakan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan dewasa. http://id.wikipedia.org/.
Ternyata selama ini hobi tersebut hanya sebatas untuk mendapatkan kesenangan.
Sayang sekali ya...?
dulu pernah ngerakit amplifier Cresendo , parametric eQualizer, dan tape deck yang ternyata didalamnya ada integrated amplifier. Tentu sesuai dengan dana atau keuangan Bhejoe yang hanya beberapa “kethip”.

Amplifier yang paling fenomenal dan tahan banting yaitu POWER OCL 150 Watt.

Mengapa bhejoe memilih meralit atau membuat amplifier ini ? Jawabanya jelas masalah dana . Keinginannya mempunyai stereo set yang power full atau ber-SPL tinggi , tetapi apa daya teu boga duit alias duitnya tidak ada.
Dengan membuat atau merakit sendiri
amplifier kita bisa berhemat sedikit, bagai mana tidak dengan selisih biaya yang cukup besar dibandingkan dengan kita membeli amplifier Branded kita bisa mendapatkan setereo set yang kuping-able .bahkan bisa menbuat Home theater .
dari membuat amplifier stereo 2.0 , kemudian mencoba di tambah Subwoofer yang biasa disebut 2.1 . dan yang terakhir membuat amplifier yang 5.1 . ( serasa home theater sebenarnya).

pernah mencoba menggabungkan  power ampli 2 X 200 watt  maunya mendapatkan power yang lebih besar dengan harga murah , karena praktek tanpa teori akhirnya 2 power amplifier jebol . Terakhir ingin membuat amplifier Gainclon . Akan tetapi karena biayanya tidak memungkinkan, akhirnya gainclon belum terwujud.
Tetapi bhejoe telah menemukan blog yang menjual PCB – utuk amplifier gainclon , kapan ada biaya bhejoe tinggal pesan ( mudah -mudahan belum kehabisan ya...) elektronikakreatif  
Setelah lama tidak aktif dalam solder-menyolder akhirnya bhejoe memilih untuk beli Kit integrated amplifier ,sehingga tinggal sambung-sambung selesai... 
ternyata suara yang dihasilkan cukup bagus, hanya suara tengahnya terlalu keluar . hal ini dapat diredam apabila kita menggunakan Pream yang berbeda atau menambahkan parametric untuk memperbagus suara.

Menurut seorang motivator 
" Hobbi hanyalah hobbi , sebelum hobbi itu bisa menghasilkan "  

sementara demikian 
terima kasih

Bhejoe 

No comments: